Sat Samapta Polres Garut Tingkatkan Kemampuan


 

 

Garut, Polres Garut melaksanakan latihan peningkatan kemampuan personil Satuan Samapta dilapangan apel Mapolres Garut jalan Jenderal Sudirman nomor 204 Kelurahan Sucikaler Kecamatan karangpawitan Kabupaten Garut pada hari Senin (13/02/2023)

 

Kasat Samapta Polres Garut AKP Yudiono, S.Sos., M.M. memimpin langsung latihan Samapta kali ini dengan materi utama latihan pengendalian masa atau disingkat Dalmas.

 

Dalam pelatihan tersebut Kasat Samapta di bantu atau didampingi oleh Kaurbin Ops Sat Samapta, Kanit satu dan dua Dalmas, Kasubnit satu dan dua Dalmas, enam orang anggota Dalmas senior dan sebagai peserta 19 orang Bintara Remaja  Polres Garut.

 

Dalmas adalah bagian dari tugas polisi yang merupakan suatu kegiatan dengan memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan terhadap sekelompok masyarakat yang sedang menyampaikan pendapat di muka umum.

 

Kasat Samapta menjelaskan, “kegiatan latihan Dalmas kali ini dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan anggota Satuan Samapta terkait dengan penanganan kegiatan aksi unjuk rasa yang terjadi di wilayah Kabupaten Garut dan juga dalam rangka persiapan pengamanan pemilihan kepala desa serentak tahun 2023 serta  dalam rangka menghadapi Pemilu tahun 2024.” Ungkapnya

 

Ditempat lain, Kapolres Garut AKBP Rio Wahyu Anggoro, S.H., S.I.K. mengatakan “bahwa maksud diberikanya latihan ini untuk mengingatkan kembali ilmu yang telah di dapat selama Pendidikan, dengan harapan semua anggota Satuan Samapta memiliki kemampuan, mahir dan terampil dalam pengendalian masa, mampu bergerak dalam bentuk ikatan kesatuan, serta selalu mengikuti perintah dan aturan dengan menjungjung tinggi hak asasi manusia.”

 

Materi pengendalian masa yang disampaikan diantaranya mengenai cara menggunakan tongkat dan tameng, pergerakan pasukan dalmas dalam bentuk kesatuan, formasi, penggunaan tameng dan tongkat, serta pembekalan dari Kasat Samapta

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama